Senin, 30 Januari 2012

jawaban tugas UAS adm.perkantoran


MK                             : ADMINISTRASI PERKANTORAN
NAMA                       : NATALIA ARTIKA
NIM                            :  2011210033
PRODI                       : ILMI ADMINISRTASI NEGARA
DOSEN                      : SUGENG RUSMIWARI




1.
a)    Pada dasarnya administrasi mengalami paradigma pemikiran salah satunya administrasi dalam arti luas dan dalam arti sempit. Khususnya administarsi perkantoran yang terdapat atau yang berperan adalah administrator publik / leader / manager. Agar perang ketiga objek tersebut menjadi efektif dan efesien perlu adanya landasan etika dan filsafat kepemimpinan.
b)    Tak bisa dimungkiri, Indonesia merupakan negeri dengan segala anugerah. Dalam hal letak geografis, Indonesia memiliki letak yang sangat strategis. Dahulu kala negeri ini menjadi tempat persinggahan berbagai macam aktivitas politik dan perdagangan.
c)    Negeri ini juga memiliki sumber daya yang sangat potensial mulai dari laut, pulau-pulau, kebudayaan, hasil pertanian, sampai dengan barang tambang. Bisa dikatakan, Indonesia merupakan salah satu negara terlengkap di dunia.
dalam proses mengoptimalisasikan sumber daya-sumber daya yang ada di Indonesia dimana masih sering terjadi penyimpangan-penyimpangan dalam pelaksanaannya seperti pengelapan uang dan lain sebagainya.
Solusinya perlu ketegasan hukum untuk menyelesaikan kendala-kendala tersebut agar penyimpangan tersebut bisa dicegah atau pun dapat berkurang.


2
a)     Cherles E. Wilson pemimpin yang sesungguhnya adalah melayani jiwa-jiwa yang lemah dan yang membutuhkan pelayanan yang menjanjikan. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah memliki landasan etika dan filsafat kepemimpinan.
b)    Agar efektif dalam sistem administrasi dalam sebuah organisasi khususnya dalam organisasi perkantoran perlu adanya rasa tanggung jawab yang tinggi agar apa yang telah di percayakan ataupun yang telah dijabatnya dapat dikerjakan dengan penuh rasa tanggung
c)    Bagi seorang pegawai  kantor untuk menjadikan kantor sebagai rumah kedua salah satu permasalahannya atau penyebabnya adalah timbilnya pemikiran yang tidak satu arah atau fokus yang tidak bisa mengatur dan membagi waktu dengan hal-hal yang lain. Hal ini  menyebabakan pekerjaan kantor menjadi terabaikan dan sering ditinggalkan.

3.

a)    Pada hakekatnya seorang administrator publik dalam menaungi sebuah organisasi harus memiliki mental yang kuat dan baik yang dilandasi dengan etika. Selain itu juga harus transparan dalam segala hal khususnya dengan pekerjaan yang telah dipercayakan kepadanya (seorang pemimpin).
b)   Mempunyai mental yang kuat mempunyai karakter kepemimpinan yang bertanggung jawab dan tranparansi dalam mengambil suatu keputusan atau kebijakan. Dalam suatu organisasi atau instansi yang ditangani atau dipimpinnya.
c)     Seorang pemimpin dalam mengambil keputusan untuk memutuskan suatu permasalahan dimana keputusan tersebut harus bener-benar otoriter dan mengandung nilai yang dapat dijadikan bahan untuk dalam suatu pelayanan administrasi disebuah instansi.


4.
a)     Dalam teori charlles E.Willson pemimpin yang baik adalah seoarang pemimpin yang mampu membuat followernya berpikir bahwa mereka mampu melakukan suatu perubahan yang lebih baik dari yang mereka pikirkan sebelumnya.
Charlles E.Willson pemimpin yang sesungguhnya adalah melayani kebutuhan dari jiwa-jiwa yang lemah . Dalam hal ini seorang cendekiawan yang akuntable harus menjaga kepribadian yang baik yang didasari etika dan filsafat kepemimpinan agar apa yang telah ia kerjakan apapun dilakukan yang  menghasilkan hal yang baik pula. Selain itu juga yang dipimpinnya atau followernya dapat menerima dan merasakan didalam masa  kepemimpinannya yang didasari dengan etika dan filsafat kepemimpinan yang otoriter.
b)    Dengan adanya konsep atau kebijakan tersebut akan sangat  membantu suatu pelayanan administrasi dalam sebuah instansi akan menjadi efektif dan efisien yang dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik dan sesungguhnya ( Charlles E.Willson ). Selain itu juga dengan adanya kebijakan pengembangan kepegawaian ( cereer development )
c)    dengan adanya pendamping dalam suatu pelayanan yang mengarah pada administrasi disuatu instansi yang bertujuan untuk menghasilkan suatu pelayanan yang baik dan benar. Dan juga yang mengarah kepada kualitas yang optimalyang nantinya  masyarakat dapat merasakan dari kualitas pelayanan publik yang optimal. Konsep ini tentunya harus melibatkan peran seorang pemimpin dalam menoptimalisasikan kualitas pelayanan publik.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar